Abdul4inspiration. Diberdayakan oleh Blogger.

Bisnis dan motivasi

[bisnis][twocolumns]

Popular Posts

Tips Mendapatkan Pelanggan Baru

Pengen Punya Pelanggan Yang Terus Bertambah?? Yuk Baca Tips Ini

Memiliki pelanggan yang tetap merupakan sebuah level kenyamanan bagi seorang pengusaha karena bisnis nya sudah dipercaya oleh beberapa orang. Sehingga kadang kala membuat mereka tidak mau menambah pelanggan lagi.

Namun mungkin ini mungkin belum terjadi pada orang-orang yang baru memulai bisnis.
Ada beberapa tantangan yang dirasakan ketika mulai membuka bisnis baru, yaitu belum memiliki pelanggan tetap atau belum adanya pelanggan yang percaya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Masalah tersebut mungkin saja dimiliki oleh anda yang mungkin baru saja menjalani sebuah usaha. Saya juga sama memiliki tantangan tersebut ketika membuka bisnis baru.

Nah untuk itu pada artikel ini, saya akan membagikan informasi yang mungkin akan berguna bagi anda untuk membangun bisnis anda. Mendapatkan pelanggan baru membutuhkan trik yang berbeda untuk setiap jenis usaha atau bisnis. Tidak bisa semua disamakan sebagai cara mendapatkan pelanggan baru. Oleh karena itu, berikut ini tips mendapatkan pelanggan baru.

Buatlah kelompok pelanggan anda

Untuk mendatangkan pelanggan ke bisnis anda, terlebih dahulu anda harus membuat serta mengelompokkan jenis pelanggan anda. Buatlah urutan siapa saja kelompok pelanggan anda. Sehingga anda akan lebih mudah menarik calon pelanggan menjadi pelanggan. Selain itu anda akan lebih mudah mengetahui kemana pangsa pasar dan target pasar anda. Tips pertama ini bertujuan untuk menentukan pelanggan ideal.


Tentukan kriteria pelanggan anda

Tips kedua adalah dengan membuat dan menentukan kriteria pelanggan anda. Ini juga akan mempermudah anda menentukan siapa yang akan menggunakan produk atau jasa anda. Serta menentukan pendapatan, kelompok umur, dan bagaimana cara pembayaran pelanggan anda nantinya.

Gunakan alat promosi

Selanjutnya untuk membuat pelanggan anda datang, maka anda harus menggunakan alat bantu marketing dan alat bantu promosi agar usaha atau bisnis anda banyak di ketahui dan dikenal banyak orang. Temukan alasan yang tepat kenapa calon pelanggan anda ingin datang ke tempat anda untuk membeli produk atau jasa anda. Gunakan alat komunikasi yang cocok untuk memasarkan produk anda. Entah itu menggunakan media visual atau media auditory.

Jagalah hubungan

Setelah anda mendapatkan pelanggan pelanggan baru, anda jangan terlalu cepat senang. Teruslah untuk membangun hubungan dan komunikasi dengan keseluruhan pelanggan anda. Inilah penentu apakah pelanggan anda setia atau tidak. Mereka tentu akan merekomendasikan mengenai produk atau jasa anda ke teman temannya. Sehingga anda juga mendapatkan pelanggan baru kembali.

Inilah yang disebut sebagai Word of Mouth atau marketing mulut ke mulut. Tetap jaga kualitas dari produk atau jasa anda. Berikan mereka sesuatu yang menarik untuk tetap setia dan percaya terhadap bisnis anda. Fokuslah selalu kepada inovasi dan ke bisnis anda. Jangan terlalu pusing dengan pesaing anda. Anda akan menemukan jalan dan rejeki sendiri.

Demikian beberapa tips mendapatkan pelanggan baru. Semoga dapat berguna untuk usaha anda. Dan melancarkan rejeki anda. Silahkan baca artikel bisnis lainnya. Terima kasih dan semoga sukses ya.

Tidak ada komentar: