kesalahan dalam wawancara kerja
Beberapa Kesalahan yang fatal dalam wawancara kerja
Terbata-bata dalam menjawab pertanyaan dan Panik
Terbata-bata dalam menjawab
pertanyaan adalah salah satu faktor penilaian bahwa anda tidak siap untuk
menghadapi wawancara kerja. Sangatlah penting mempersiapkan diri anda agar anda
rileks dan santai menghadapi wawancara kerja. Salah satu jalan keluar yang bisa
anda lakukan adalah dengan melakukan latihan dialog atas pertanyaan yang kira-kira
akan ditanyakan nanti. Hal itu akan sangat membantu anda untuk menekan stress
sehingga jawaban anda tidak terbata-bata.
Selain itu, jawaban yang
jujur apa adanya tanpa ada bualan bisa membuat anda terhindar dari rasa panik
dan jawaban yang terbata-bata. Biasanya ungkapan yang jujur dari dalam hati
lebih mudah diutarakan dibandingkan Bualan. Jadi kuncinya untuk menghindar
terbata-bata adalah Jujur dan Persiapan. Jangan sampai orang yang mewawancara
anda berfikir anda tidak menguasai topic wawancara karena anda ragu, panik, dan
terbata-bata.
Jauhi topik yang bersifat sensitif
Tidak jarang para orang yang
mewawancara pelamar melakukan obrolan-obrolan santai agar situasi tidak terlalu
tegang sehingga wawancara menjadi lebih menyenangkan. Akan tetapi anda harus
perhatikan, meskipun situasi menjadi santai anda sebaiknya hindari tema
pembicaraan yang bersifat sensitif, seperti Politik dan juga SARA. Bukan tidak
mungkin apabila anda membahas tentang hal yang sensitif tersebut membuat orang
yang mewawancara anda menjadi tersinggung sehingga akan mempengaruhi penilaian
anda. Jadi lebih baik pilihlah topic yang santai, ringan, dan bersifat netral.
Jauhi Gosip
Begitu Banyak orang yang
ditolak dari pekerjaan yang mereka lamar karena suka bergosip. Gossip adalah
penilaian yang sangat Buruk, karena bagi pewawancara gossip merupakan hal yang
bisa merusak internal organisasi. Jadi hindari memulai dialog tentang Gosip
apabila anda sedang melakukan wawancara.
Merasa Sok tahu
Jangan berharap anda diterima
kerja apabila anda sering merasa Sok tau yang mengakibatkan anda tidak mau
mendengarkan orang lain, apalagi orang yang sedang mewawancara anda. Kebanyakan organisasi atau
perusahaan sangat membutuhkan orang yang bisa berkerja sama dalam sebuah TIM.
Orang yang sok tau merupakan Ciri dari orang yang individualis dan susah untuk
berkerja sama dalam Tim. Maka dari itu, biasakan berlatih untuk rendah hati dan
mau mendengarkan orang lain.
Semoga artikel tentang
kesalahan yang harus dihindari dalam wawancara kerja ini bisa bermanfaat untuk
anda agar mendapatkan perkerjaan yang anda inginkan. Jangan lupa baca artikel
terkait kami yang lain yang tidak kalah manfaatnya. Terimakasih.
Labels:
karir
Tidak ada komentar: